Inilah Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Hamil

Pastinya sangat bahagia bila mengetahui ada si buah hati di dalam rahim seseorang wanita. Mungkin itu termasuk juga sebagai hadiah yang begitu indah dari sang pencipta. Proses menanti kelahira sang buah hati menjadi hal banyak ditunggu-tunggu oleh semua pasangan suami istri. Selama 9 bulan ibu mengandung janin yang berada di dalam perutnya ini merupakan suatu kebahagian yang tidak terhingga. Namun semua itu harus dibarengi dengan tanggung jawab. Seperti halnya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Karena ketika seseorang wanita sedang mengandung, semua yang dimakan dan diminum pasti akan diserap oleh janin yang berada didalam rahimnya. Apabila seseorang wanita hamil mengonsumsi makanan yang kurang sehat, ini akan memengaruhi kesehatan calon bayi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita hamil ketika hendak mengonsumsi makanan.



Inilah Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Hamil

1. Makanan mentah atau setengah matang
Makanan mentah atau setengah matang, baik berupa ikan maupun daging termasuk salah satu makanan yang harus dihindari saat hamil. Mengapa? karena makanan jenis ini meningkatkan risiko infeksi dari berbagai bakteri maupun parasit.
Salah satu infeksi yang rentan menyerang ibu hamil ketika mengonsumsi makanan mentah ialah infeksi listeria dapat ditemukan di tanah, air, tanaman yang sudah terkontaminasi.
Infeksi ini tergolong berbahaya, baik keselamatan ibu maupun bayinya. Selain menyebabkan keguguran, bayi yang dilahirkan pun  beresiko besar menderita gangguan neurologis berat termasuk gangguan mental,epilepsi, dan kebutaan.
Untuk itu, sebaiknya konsumsilah makanan dengan tingkat kematangan yang sempurna. Hindari konsumsi sushi dan steak dengan tingkat kematangan rare atau medium.
Disamping itu pilihlah sayuran atau lalapan yang akan dikonsumsi. Pastikan mencuci hingga bersih agar tidak ada bakteri yang tertinggal. Bila perlu, sayuran dapat direbus atau dikulkas terlebih dahulu selama beberapa menit.

2. Buah Nanas

Sebaiknya hindari buah yang satu ini saat masa kehamilan. Buah nanas memiliki kandungan zat bermelain yang cukup tinggi. Zat ini akan menyebabkan leher rehim menjadi lunak dan memicu kelahiran bayi prematur. Bahkan di fase awal kehamilan dapat menyebabkan kamu keguguran.

3. Telur Mentah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa mengonsumsi makanan mentah sebaiknya dihindari selama kehamilan. Anjuran ini berlaku pula pada telur.

Telur mentah mungkin saja terkontaminasi bakteri SALMONELLA. Dampak keracunan bakteri ini dapat menyebabkan timbulnya beberapa gejala seperti demam, mual, muntah, nyeri perut dan diare. Gunakan telur yang telah dipasteurisasi atau dimasak matang untuk menghindari infeksi bakteri Salmonella pada telur.

Baca juga:Mencegah Ovarium Dengan Mengkonsumsi Ini

4. Susu dan Keju Tanpa Pasteurisasi

Susu dan keju tanpa pasteurisasi atau proses pemanasan sebaiknya hindari oleh ibu hamil, karena dapat mengandung bakteri bahaya seperti Listeria, Salmonella, E.coli, Campylobacter. Infeksi bakteri tersebut tentunya akan sangat mengancam keselamatan ibu juga janin dalam kandungan. Demi meminimalkan resiko risiko bakteri, sebaiknya konsumsi susu, keju dan berbagai produk olahannya yang telah melewati proses pasteurisasi.

5. Alkohol atau Kafein

Mengonsumsi alkohol selama kehamilan sangat amat tidak dianjurkan, karena dapat memengaruhi perkembangan otak bayi dan meningkatkan risiko keguguran atau cacat lahir.

Ibu hamil yang mengonsumsi alkohol berisiko mengalami sindrom alkohol janin atau fetal alcohol syndrome (FAS). Sindrom ini dapat menyebabkan cacat fisik, kelainan jantung dan keterbelakangan mental pada bayinya kelak.

Sementara untuk kafein para ahli menyarankan untuk membatasi asupannya kurang dari 200mg selama kehamilan.

Semogga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Hamil"

Post a Comment