5 Faktor Yang Dapat Menimbulkan Resiko Penyakit Jantung

5 Faktor Yang Dapat Melawan Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat dipulihkan tanpa operasi dan tanpa obat dengan lima langkah sederhana, ujar Steven Masley, MD. Dia menguraikan kepercayaan yang inovatif dalam buku terlarinya, "The 30-Day Heart Tune-Up."




Dr.Marsley, anggota dari american Heart Association dan pemenang penghargaan pendidik, mengatakan bahwa penelitian dan pengalamannya menunjukan bahwa pemikiran konvensional tentang kesehatan jantung (kolestrol adalah pencetus utama penyakit jantung), benar-benar salah.

Faktor-faktor yang dapat meminimalkan resiko penyakit jantung

Ia mengatakan bahwa lebih dari 100 pasiennya telah berhasil membuat jantung mereka lebih muda dengan menggunakan metodenya, bergantung pada pola makan dan perubahan gaya hidup. Menurut Dr. Marsley, pasien-pasien tersebut dapat memulihkan penyakit jantungnya dengan mengikuti apa yang ia juluki sebagai faktor 5 F yaitu: Fiber (sehat), Fish (ikan), Food Nutrients (nutrisi makanan), Fitness (kebugaran), dan Fat (lemak).

1. Meningkatkan asupan serat

Jika anda ingin mengatasi penyakit jantung yang ada, meninggkatkan jumlah asupan serrat makanan adalah faktor yang paling penting.
Dia merekomendasikan serat larut, yang ditemukan dalam kacang-kacangan (beans), gandum, sayuran, dan buah-buahan. Ia merekomendasikan untuk mengkonsumsi lima cangkir buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari, bersama dengan setengah cangkir kacang-kacangan dan segenggam kacang.
Buah-buahan dan sayuran yang baik untuk jantung adalah yang berwarna cerah seperti hijau, merah cerah, dan kuning karena sangat kaya akan antioksida anti-penuaan. Tomat,jeruk, anggur merah, brokoli, paprika, kale, dan bayam merupakan beberapa diantaranya.

2. Makan lebih banyak ikan
Makan ikan adalah hal yang penting karena ikan kaya akan lemak omega-3. Ikan dapat membantu mengurangi denyut jantung tidak teratur, kekakuan darah (yang dapat menyebabkan serangan jantung penyebab pembekuan darah), dan trigliserida,"katanya.
Dr. Marsley merekomendasikan ikan air dingin seperti salmon atau trout setidaknya tiga kali seminggu karena ikan-ikan tersebut mengandung lemak-lemak yang tinggi dan kemungkinan kecil terkomintasi dengan merkuri. Suplemen atau kapsul minyak ikan berkualitas tinggi bisa menjadi alternatif jika anda tidak mengonsumsi ikan yang cukup.

Baca Juga:Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

3. Meningkatkan kadar gizi
Makan makanan yang sehat akan memberikan sejumlah vitamin nutrisi yang cukup. Suplemen juga bisa memberikan manfaat yang baik lagi bagi kesehatan jantung secara substansial bahkan jika anda telah makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, dan mengelola stres,''katanya.
Dia merekomendasikan untuk mengkonsumsi multivitamin yang seimbang setiap harinya meliputi magnesium (400mg), vitamin D (2.000mg), dan vitamin K (250mg). Orang-orang dengan darah yang encer harus berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dahulu sebelum meningkatkan asupan vitamin K,katanya.

4.Mengurangi lemak tubuh
Obesitas merupakan faktor resiko jantung yang jelas. Oleh karena itu, mengatasi lemak tubuh juga berarti mengatasi penyakit jantung, kata Dr. Marsley.
Kelebihan lemak tubuh tidak hanya meningkatkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah, tetapi juga menghasilkan senyawa inflamasi, dan ini, pada gilirannya akan mempercepat pembentukan plak di arteri koroner. Peradangan menyebabkan darah lengket, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

5. Meningkatkan kebugaran
Orang yang berolahraga secara teratur memiliki resiko 40 persen lebih sedikit terkena serangan jantung,stroke, dan kasus kematian mendadak, kata Dr. Marsley. Latian berat sangat penting untuk pencegahan penyakit jantug.
Sebagian dokter menyarankan kepada pasiennya untuk berolahraga yang ringan saja seperti berjalan kaki singkat setiap harinya untuk kesehatan jantung. Namun jika ingin melawan penyakit jantung, olahraga yang dilakukan haruslah intens. Dua puluh menit berjalan kaki kurang efektif untuk memotong reiko penyakit jantung.
Dia merekomendasikan latian aerobik, latian kekuatan, dan peregangan untuk fleksibilitas, dengan intensitas dan panjang disesuaikan dengan tingkat kebugaran seseorang.


sumber: via Newsmaxhealth

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Faktor Yang Dapat Menimbulkan Resiko Penyakit Jantung"

Post a Comment